Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Kemendukbangga/BKKBN) diajak untuk merenungkan kembali tugas sebagai pelayan masyarakat, yakni menjadi pegawai profesional: menjadi magnet kepuasan masyarakat.
Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Sesmen/Sestama) Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin, Ph.D saat mewakili Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional pada Apel Pagi yang dihadiri ASN Kemendukbangga/BKKBN di lapangan kantor Kemendukbangga/BKKBN, Senin, 5 Mei 2025.
“Bayangkan bila kita sebagai pegawai adalah magnet. Maka, yang kita tarik bukan logam, tapi adalah kepercayaan masyarakat, kepuasan pengguna layanan, dan rasa hormat dari rekan kerja,” ujar Sesmen Budi Setiyono.
Sesmen Budi Setiyono pun mengajak ASN Kemendukbangga/BKKBN untuk membangun tiga pilar magnet profesional dalam diri, yaitu integritas sebagai kutub utama, kompetensi sebagai kekuatan tarik, serta empati sebagai energi positif. Sesmen Budi Setiyono menambahkan, agar ASN Kemendukbangga/BKKBN tidak menjadi magnet palsu yang menarik hanya untuk keuntungan pribadi tetapi menjadi magnet yang membanggakan, yang menjadikan keteladanan sebagai magnet terbesar.
Di akhir penyampaian amanat pembina Apel, Sesmen Budi Setiyono membangkitkan semangat para ASN Kemendukbangga/BKKBN dengan mengucapkan komitmen bersama: “Saya adalah magnet kepercayaan masyarakat. Saya bekerja dengan integritas, kompetensi, dan empati. Saya hadir bukan untuk menggugurkan tugas, Tapi untuk menghadirkan pelayanan yang membanggakan!”
