Previous slide
Next slide

Serda Irfan, Sosok Babinsa Dari Desa Terpencil di Bengkulu

Sejak era 1970an pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di tanah air telah mendapat dukungan dari banyak pihak. Termasuk salah satunya dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sangat komit mendorong program tersebut guna mewujudkan keluarga berkualitas. Bahkan, dukungan itu diberikan mulai dari tingkat nasional hingga daerah terpencil dan terluar.

Di tingkat desa, TNI memiliki personel Bintara Pembina Desa (Babinsa). Selain mengemban tugas pokok sebagai satuan militer/tempur, Babinsa tidak lepas tangan dalam mendukung gerakan program Bangga Kencana di tanah air.

Di Bengkulu, ada sosok Serda Irfan Suherman, seorang personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) di lingkup Koramil 409-01/Lebong Utara, Kodim 0409/Rejang Lebong, Korem 041/Gamas, Dam ll/ Sriwijaya. Sosoknya menonjol karena pengabdian yang ditorehkan.

Serda Irfan lahir di Bandung pada 29 Maret 1986, mengabdi sebagai Babinsa. Sejak tahun 2019 ia bertugas di Kecamatan Lebong Utara dengan wilayah tugas di dua desa sekaligus, yaitu Desa Lebong Tambang dan Desa Tunggang, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Bengkulu.

Bersama masyarakat di wilayah kerjanya, Serda Irfan dengan aktif berperan dalam penguatan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di daerah tersebut. Baik dalam penguatan kampung KB, penggerakan pelayanan KB hingga pendampingan ibu hamil dan pasca persalinan.

Tak hanya itu, dukungan TNI terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), selain penggerakan KB, juga aktif dilakukan, terkhusus dalam upaya mendorong percepatan penurunan stunting.

Peran Babinsa dalam Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) adalah membantu memfasilitasi penyaluran bantuan sosial oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) serta aktif dalam pembentukan kelompok kegiatan (Poktan). Ada kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) serta Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

Melalui peran pembinaan Serda Irfan, program Bangga Kencana di Kabupaten Lebong terus bangkit. Maka, pada 2024, sosok ayah dari dua anak ini mendapat undangan resmi dari BKKBN untuk mendapat penghargaan atas dukungannya terhadap program KB di Lebong Utara, Provinsi Bengkulu.

Atas peran aktif dalam berbagai bidang program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, ia dinobatkan sebagai Babinsa Terbaik tingkat Provinsi Bengkulu.

Ia berangkat ke Jakarta atas dukungan pimpinannya di TNI untuk ikut menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Kemitraan 2024, sekaligus Kick Off Bakti TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024, yang digelar di Bidakara, Jakarta, pada pertengahan Mei 2024.

Ia mengajak semua lapisan masyarakat untuk terus menggerakkan program pemerintah hingga daerah. Hal itu sebagai wujud nyata sebagai abdi negara untuk membantu pelaksanaan program nasional guna mewujudkan keluarga, masyarakat dan bangsa yang berkualitas.

Pembinaan terhadap masyarakat melalui program Bangga Kencana merupakan bagian dari tugas dan fungsi TNI. Sekaligus sebagai bagian dalam melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa. “Untuk mencapai keselamatan negara berawal dari kemandirian keluarga dan masyarakat,” kata Irfan.

Open chat
BE Radio Indonesia
Selamat datang di layanan Whatsapp Interaktif BE Radio Indonesia! ada yang bisa kami bantu?