Previous slide
Next slide

Dari Adujak GenRe 2024, Pemkab Badung Kucurkan Kredit Tanpa Bunga Kepada UMKM Dikelola Anak Muda

Kreatifitas anak muda dalam Forum GenRe (Generasi Berencana menginspirasi pemerintah Kabupaten Badung, Bali, untuk memberikan program kreatif dan inovatif.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Kabupaten Badung I Ketut Suiasa pada malam puncak Apresiasi Duta dan JamborAjang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Nasional tahun 2024.

Acara ini dipusatkan di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Pusat Pemerintahan, Kabupaten Badung, Jumat (20/9/2024). Rangkaian kegiatan telah berlangsung sejak 17 September 2024.

Menurut Ketua I Ketut Suiasa, Forum GenRe menyiapkan generasi muda untuk menyiapkan masa depan dengan pribadi berkualitas dan mandiri. Untuk memberikan dorongan, pemerintah Kabupaten Badung memfasilitasi UMKM yang dikelola anak muda untuk mendapatkan kredit usaha.

“Di situ generasi muda pelaku UMKM dapat melakukan pinjaman kredit dengan plafond Rp 25 juta. Mereka tidak perlu bayar bunga, bayar provisi, tidak dikenai biaya administrasi. Jadi, hanya bayar pokok saja dengan jangka waktu dua tahun,” kata Suiasa.

“Karena baru taraf ujicoba kita berikan pinjaman Rp25 juta, tapi tahun depan akan dinaikkan ke Rp50 juta,” tambah Wabup Badung.

Sementara Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, Tavip Agus Rayanto, mengatakan pemberian penghargaan pada Adujaknas 2024 ini merupakan role model yang dipertandingkan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Tavip menambahkan, mereka diharapkan jadi figur yang akan menyemangati anak muda dalam menumbuhkan kreatifitas.

“Selama ini pemerintah masih kurang memberdayakan. Kami juga menyadari eksistensi saudara-saudara kita yang inklusi. Saat ini kita memiliki GenRe Inklusi, dan ternyata dari contoh yang ada, pemenangnya sudah go international,” jelas Tavip.

Pada malam final tersebut, terpilih sebagai juara 1 Duta GenRe Indonesia 2024, perwakilan Aceh, Muhammad Zaki Raihan, dan perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) Tesalonika Kusuma Wardani Lengkong.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan serah terima Ketua GenRe Indonesia, dari Nur Alif Baslamin (periode 2022-2024) kepada I Putu Arya Aditya Utama, selaku Ketua Periode 2024-2026. Serta diserahkan pula empat kategori penghargaan untuk pemenang dari setiap wakil Forum Genre di seluruh Indonesia.

Malam Final pemilihan Duta GenRe Nasional yang berlangsung spektakuler itu dihadiri sejumlah kepala daerah, serta Kepala Perwakilan BKKBN se- Indonesia.*

Open chat
BE Radio Indonesia
Selamat datang di layanan Whatsapp Interaktif BE Radio Indonesia! ada yang bisa kami bantu?