Previous slide
Next slide

Aksi Sidak Stunting Kepri Maksimalkan Intervensi Serentak Cegah Stunting

Program Seleksi, Dampingi dan Aksi (Sidak) dioptimalkan dengan pelaksanaan bulan penimbangan bagi balita di seluruh Indonesia melalui program Intervensi Serentak Pencegahan Stunting.

Intervensi ini dilaksanakan di seluruh posyandu yang berada di masing-masing wilayah. Merupakan suatu akselerasi dalam Percepatan Penurunan Stunting (PPS) Tahun 2024.

Adapun kegiatan ‘Sidak Stunting Kepri’ tahun 2024 dilaksanakan di Posyandu Dahlia, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Jumat (21/06/2024).

Turut hadir Dr. HTS Arif Fadillah, S.Sos, M.Si, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kepri, Camat Batu Aji, Lurah Kibing, Keluarga Risiko Stunting (KRS), peserta/keluarga yang hadir di posyandu, akseptor Keluarga Berencana (KB), serta Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kelurahan Kibing.

Arif Fadillah pada arahan dan pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa melalui kegiatan Aksi Sidak Stunting ini diharapkan anak-anak di Provinsi Kepulauan Riau menjadi SDM berkualitas, sehat dan cerdas. “Karena Kepri berada di wilayah perbatasan internasional yang sangat strategis,” ucapnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Kepri, Rohina, dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh masyarakat atau setiap keluarga yang punya balita, ibu hamil, dan calon pengantin, segera mendatangi kegiatan intervensi serentak di posyandu. “Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke posyandu,” tegasnya.

Sastra Tamami selaku Koordinator Satgas Stunting Kepri mengatakan akan memastikan semua sasaran intervensi serentak tercapai 100%. “Dan ini membutuhkan dukungan serta bantuan dari semua pihak terkait,” ujarnya.

Pantauan dashboard SIGIZI terpadu terbaru Kepri per 21 Juni pukul 13.00 WIB tercatat ada 85.796 balita atau sebesar 72,91 persen balita yang sudah diukur dan ditimbang. Saat kegiatan di Jumat itu, Posyandu Dahlia menambah jumlah pelaporan sebanyak 110 balita.

Kegiatan lainnya juga dilakukan yaitu pendistribusian Program Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS), program Beras, Telur Sedekah (BTS) Cegah Stunting bersama PIK-R dan Forum GenRe Kepri, Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), dan Konsultasi Informasi dan Edukasi (KIE) serta Pelayanan KB.

Pendistribusian BAAS dan BTS Cegah Stunting dilakukan Forum GenRe (Generasi Berencana) Batam yang diberikan kepada tujuh sasaran KRS. Bantuan berasal dari empat PIK-R dari Kota Batam yakni PIK-R MAN 1 Batam, PIK-R SMAN 5 Batam, PIK-R SMAN 23 Batam, serta PIK-R SMPN sembilan Batam. Ini merupakan bagian dari peringatan Hari Remaja Internasional yang jatuh pada 12 Agustus mendatang.

Jalannya rangkaian kegiatan Aksi Sidak Kepri mendapat partisipasi dukungan mulai dari PT. Pertamina Patra Niaga, Hiswana Migas Kepri, dan Binara Roti – Kopi.

Open chat
BE Radio Indonesia
Selamat datang di layanan Whatsapp Interaktif BE Radio Indonesia! ada yang bisa kami bantu?